Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Nurdin Saleh, Juri Ballon d"Or dari Indonesia

Nurdin Saleh, wartawan senior Tempo, adalah satu-satunya orang Indonesia yang memberikan suaranya dalam pemilihan gelar pemain terbaik FIFA atau Ballon d'Or 2012. "Ini yang ketiga kalinya sejak 2010 lalu," kata Nurdin di kantor Tempo, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Januari 2013.

Juri dalam pemilihan pemain terbaik FIFA terdiri dari pelatih serta kapten tim nasional yang masuk dalam keanggotaan FIFA, dan para jurnalis. Masing-masing juri diberikan kesempatan untuk memilih tiga kandidat pemain. Kandidat pertama diberi nilai 5, kedua dapat 3 poin, adapun yang ketiga adalah 1 poin.

Untuk tahun ini, Nurdin menempatkan nama megabintang Barcelona, Lionel Messi, pada urutan pertama sebagai calon penerima gelar Ballon d'Or. Lalu disusul oleh Cristiano Ronaldo, pemain sayap Real Madrid, dan yang terakhir rekan Messi di Barcelona, Andres Iniesta.

Pilihan Nurdin tepat. Messi keluar sebagai pemenang setelah meraup suara sebanyak 41,60 persen, sementara Ronaldo menerima 23, 68 persen. Adapun Iniesta cuma mendapat 10,91 persen suara. Bagi Messi, ini merupakan gelarnya yang keempat sejak 2009 lalu, sekaligus mematahkan rekor tiga gelar milik Michael Platini, pemain legendaris Prancis.

Nurdin menjagokan Messi karena pemain depan sekaligus kapten tim nasional Argentina itu tampil apik di sepanjang 2012. Salah satu bukti kecermelangan Messi adalah kemampuannya menjadi pemain paling subur dalam kalender tahunan. Pemain yang dijuluki si Kutu ini mengemas 91 gol. "Untuk tahun ini sudah tidak ada perdebatan," tutur Nurdin.

Nurdin mengungkapkan, pada pemilihan pemain terbaik dunia 2010 lalu, ia membuat kesalahan. Ia menjagokan Xavi Hernandez, gelandang bertahan Barcelona dan timnas Spanyol, sebagai unggulan pertama untuk menerima gelar paling prestisius untuk pesepak bola di kolong langit itu. Namun, pilihannya tidak tepat. Messi yang tidak terlalu ia unggulkan ketika itu justru menyabet penghargaan tersebut.

Sumber : forum.detik.com

Posting Komentar untuk "Nurdin Saleh, Juri Ballon d"Or dari Indonesia"