Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Pizza Bebas Gluten Terbesar di Dunia

Pizza adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih.

Lima koki Italia telah memecahkan rekor pizza terbesar di dunia, dengan memanggang pizza margherita berukuran 39.624 meter. Pizza dengan diameter 40 meter ini telah memecahkan rekor dunia. Pizza tersebut menghabiskan 5.234 adonan. Sebanyak 5 chef italia berusaha membuat pizza terbesar di dunia itu, agar selesai tepat waktu. Pizza dengan jenis margherita tersebut menggunakan komposisi bahan berupa 9000 kg tepung bebas gluten.

Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya, yang dibuat oleh sebuah supermarket di Afrika Selatan pada tahun 1990 dan berhasil merebut gelar tersebut kembali. Pizza tersebut memang direncanakan agar menjadi pizza bebas gluten terbesar di dunia.

Berdasarkan data di Italian Department of Health, saat ini diperkirakan ada lebih dari 135.000 orang didiagnosa mengalami penyakit celiac di Italia akibat konsumsi makanan mengandung gluten. Pizza ini dibuat dari 9000 kg tepung, 4000 kg saus tomat, dimana harus dibagi menjadi 5.234 bagian yang dipanggang selama 48 jam. Pizza yang diberi nama Ottavia, nama dari seorang Kaisar Romawi Augustus ini juga ditaburi 9000 kg keju mozzarella. Pizza Ottavia ini akan disumbangkan pada organisasi sosial yang mendistribusikan makanan pada masyarakat kurang mampu.