Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

John McAfee, Bos Antivirus Ditahan di Guatemala

John McAfee, konglomerat software (sumber: AFP)
Konglomerat software, John McAfee, jutawan asal AS berusia 67 tahun, ditahan oleh pihak berwajib di Guatemala karena dituduh masuk negara itu secara ilegal. McAfee sendiri merupakan buronan di Belize karena diduga telah menembak tetangganya hingga tewas. Sebelum ditahan, McAfee mengatakan dia akan mencari suaka ke Guatemala.

Pengacara McAfee mengatakan sang jutawan ditahan oleh polisi imigrasi Guatemala, bukan oleh kepolisian nasional negara di Amerika Tengah itu. Ia juga yakin kliennya akan segera dibebaskan dalam hitungan jam.

McAfee telah melarikan diri sejak 10 November, ketika rekan sesama warga Amerika Serikat, Greg Faull, tewas terbunuh.

Selama pelariannya yang berlangsung tiga pekan, McAfee menyamar sebagai orang cacat, tujuh kali mewarnai rambutnya, bersembunyi di banyak tempat. Tetapi McAfee tidak menutup kemungkinan untuk pulang kembali ke AS, tempat dia mereguk kekayaan dari bisnis anti-virus.

Para penyidik dari Belize sebelumnya mengatakan mereka belum menetapkan McAfee sebagai tersangka dalam kasus Faull yang tewas dengan luka tembakan di kepala. Mereka hanya ingin menginterogasi McAfee.

Adapun waktu tewasnya Faull hanya berselang sebentar dari kematian anjing McAfee, yang diduga diracun. Faull diketahui sering mengeluhkan anjing McAfee tersebut.

Sumber : ABC News/ Liberty Jemadu