Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Isi Ulang Ponsel Tanpa Kabel atau Adaptor?

Sistem isi ulang nirkabel Qi diluncurkan pada 2008
Mengisi ulang ponsel pintar anda saat mengemudi mungkin sebentar lagi dilakukan tanpa perlu kabel atau adaptor. Alat yang dibutuhkan hanyalah alas nirkabel khusus. Toyota berencana memperkenalkan sistem ini pada 2013 di sedang Avalon terbaru, menggunakan standar isi ulang bernama Qi.

Seorang analis mengatakan bahwa opsi itu merupakan bagian dari "paket teknologi" senilai $1.950 Toyota yang dapat dinikmati mulai musim semi nanti.

Untuk mengisi ulang, pengemudi hanya perlu meletakkan ponsel di alas, meski ponsel itu harus memiliki protokol Qi yang terintegrasi. Saat ini, sistem isi ulang nirkabel Qi dapat digunakan di 34 model ponsel, termasuk LG Google Nexus 4, Nokia Lumia 920 dan HTC Windows Phone 8X.

"Merintis kemampuan mengisi ulang tanpa kabel atau konektor hanya dengan meletakkan ponsel di konsol mobil adalah inovasi yang merefleksikan komitmen Toyota pada konsumen," kata Randy Stephens, insinyur kepala Toyota Avalon.

"Teknologi ini kelak akan menjadi pilihan utama pengguna ponsel di dunia. Teknologi ini akan menjadi semakin penting setelah berbagai ponsel termasuk Nokia Windows 8 juga memiliki fitur yang sama. Dilemanya adalah kita selalu berusaha membuat ponsel setipis mungkin tapi menambahkan infrastruktur ke dalam ponsel membuatnya menjadi tidak setipis yang diinginkan," kata Shaun Collins, seorang analis dari perusahaan konsultansi CCS Insight.


Sumber : bbc.co.uk