Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Bubuk Jintan Hitam Atasi Masuk Angin

Jintan Hitam
Kelelahan yang tidak segera diantisipasi, secara perlahan tapi pasti akan menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan. Awalnya masuk angin, selanjutnya akan terjadi bentuk gangguan lain, termasuk mudah kena infeksi penyakit menular, seperti batuk pilek, diare, dan lainnya.

Berikut tips herbal-nya :
1. Makanlah dalam jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan kerja, jangan sampai kurang. Pertimbangkan mengonsumsi telur setiap hari. Jika takut berlebih lemak, maka kuning telur tidak usah dimakan.
2. Minum susu, sedikitnya satu gelas sehari. Perhatikan juga asupan gizi seimbang yang didapat dari nasi, daging, ikan, telur, tempe, tahu, sayuran, buah, susu.
3. Konsumsi air putih 2,5 liter sehari. Jangan lupa istirahat tidur, minimal 6 jam dalam sehari, dan sebaiknya tidak dikurangi atau ditukar.
4. Olahraga senam setiap hari paling sedikit 30 menit, gerakan sebaiknya secara bertahap ditingkatkan intensitasnya.
5. Konsumsi bubuk jintan hitam buatan sendiri setiap hari. Belilah biji jintan hitam di toko bahan jamu. Sangrai sebentar agar tidak ada kuman, lalu tumbuk halus. Simpan dalam wadah kering dan terhindar cahaya matahari. Setiap pagi makanlah satu sendok teh bubuk itu, dan bantu dengan air untuk menelannya.
6. Minum ramuan jamu buatan sendiri, dari campuran kencur, jahe, asam, gula merah, jeruk nipis, kedawung, dan keningar. Tentukan sendiri jumlah tiap bahan agar sesuai dengan selera, rebus dengan air secukupnya. Minum segelas tiga kali seminggu. Ramuan ini baik untuk menghilangkan pegal, gangguan saluran cerna, dan menambah nafsu makan.

Ingat, sebaiknya Anda tidak minum obat kimia terlalu sering. Lebih baik mencari penyebab gangguan kesehatan dan memperbaikinya agar tidak tergantung obat-obatan.

Sumber : Nyata.co.id yang diasuh oleh Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt., MS./foto: net