Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Beras Kencur, Herbal Atasi Stres

Gejala sakit kepala dan telinga berdengung adalah suatu peringatan awal yang diberikan tubuh Anda untuk segera mewaspadai dan mengantisipasi gangguan kesehatan yang sedang terjadi. Hal ini dapat diartikan bahwa sudah saatnya Anda memikirkan kembali tindakan untuk mengatasi stres.

Setidaknya ada tiga tahapan untuk mengatasi stres, yaitu meditasi, pemijatan, dan konsumsi ramuan untuk mempertahankan kebugaran.

Meditasi dapat diartikan sebagai tindakan untuk menenangkan pikiran. Sediakan waktu selama 15 – 30 menit untuk duduk dengan santai sambil menutup mata dan memusatkan pikiran pada hal tertentu, serta bernapas lebih dalam. Apabila sulit, Anda dapat bergabung dalam aktivitas senam pernapasan atau yoga.

Pemijatan seluruh tubuh dengan minyak esensial (aromaterapi) akan membantu Anda mencapai keadaan relaksasi otot tubuh, sehingga akan menimbulkan ketenangan pula. Lakukan secara rutin seminggu sekali di tempat khusus yang bersih dan tenang.

Untuk ramuan, cobalah membuat sendiri minuman beras kencur dengan komposisi 10 gram beras yang disangrai, 10 gram kencur segar, 3 gram jahe segar, asam jawa, 100 mg kayu manis, gula aren secukupnya, garam, cengkih, sedikit kunyit, serta 100 ml air.

Cara Meracik:
Potong kecil-kecil kencur, jahe, asam, kayu manis, cengkih, lalu rebus selama 15 menit, sambil sesekali diaduk. Saring rebusan, dan tambahkan garam serta gula.
Diamkan ramuan sampai hangat kuku, lalu tambahkan beras sangrai. Minumlah sehari sekali, satu gelas sebelum tidur. Ampas hasil saringan dapat digunakan sebagai param yang digosokkan di daerah tangan dan kaki.
Selain dengan ketiga cara itu, usahakan juga untuk makan teratur dan tidur yang cukup. Semoga sukses.

Sumber : Nyata.co.id