Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Tips Tepat Merebus Daging

Merebus daging memang membutuhkan waktu lama ketimbang merebus bahan makanan yang lain. Namun, merebus daging juga tidak boleh sembarangan. Bukan asal memasukkan ke dalam air, lantas menunggunya hingga empuk.

Cara seperti itu justru akan menghilangkan zat gizi yang terkandung dalam daging. Langkah yang tepat adalah menentukan lebih dulu tujuan merebus daging. Apakah ingin dihilangkan lemaknya atau ingin mengempukkan daging. Untuk menghilangkan lemaknya, sebaiknya daging direbus hingga tiga kali.
Rebusan kali pertama sebaiknya ditunggu hingga airnya mendidih, baru memasukkan daging yang telah dicuci bersih. Tunggu hingga warnanya berubah dan lemak-lemaknya keluar. Setelah itu ganti airnya dengan yang baru dan tunggu hingga mendidih lagi. Begitu seterusnya. Pada rebusan terakhir, lemak yang terkandung dalam daging tentu sudah berkurang dan daging sudah empuk.
Sedang bila ingin mendapatkan daging yang langsung empuk, boleh ditambahkan papain (enzim yang terdapat dalam daun pepaya) atau bahan pengempuk daging lainnya.
Namun, gunakan bahan tersebut sejumput saja. Bahan tambahan sebanyak satu sendok teh sudah terlalu banyak. Nantinya,  daging dikhawatirkan akan terlalu empuk dan nutrisinya hilang. *Ayun/bbs
Sumber : Nyata.co.id