Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Tangkap kanker dengan magnet

Menangkap kanker sebelum ia menyebar ke seluruh bagian tubuh, ini merupakan suatu cara untuk meningkatkan penderita kanker untuk hidup. Kini Ilmuwan telah menemukan cara untuk memindahkan kanker dengan magnet. Dengan magnet sel kanker dipindahkan keluar bagian tubuh.

Peneliti dari Georgia Institute of Technology telah menemukan magnet ukuran nano yang diameternya kurang dari seperseribu inci. Karena ukurannya yang kecil, magnet ini dapat ditempelkan pada sel kanker setelah itu dipindahkan dengan magnet lainnya.

Hasil dari dua eksperimen yang dipublikasikan oleh jurnal the American Chemical Society. Peneliti menguji coba terlebih dulu pada tikus dengan cara menyuntikan sel kanker ovarium yang telah dicelupkan dalam protein sehingga mengikat sel kanker dan tidak pada sel reguler. Setelah beberapa saat, peneliti menempatkan magnet diatas perut tikus selama 30 detik. Setelah magnet dilepas, Sel-sel tersebut terlihat jelas di kulit dimana magnet ditempatkan.

Menggunakan sistem pompa sirkulasi, peneliti dapat memindahkan sel kanker ke dalam tabung plastik. Dengan metode ini memungkinkan memindahkan sel kanker dari dalam tubuh.

Teknik ini memungkinkan untuk memperkaya dan mendukung berbagai metode terapi kanker. Tapi menurut penelitinya, metode mengankap kanker ini perlu penelitian lebih lanjut terutama pengaruh efek racun partikel magnet sebelum uji klinis dilakukan.

Sumber: popsci