Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

QBaca, Aplikasi Buku Digital dari Telkom

Era teknologi berkembang pesat. Cepat atau lambat, barang konvensional, maupun teknologi lama digantikan dengan teknologi baru. Hal ini terjadi pula di dunia tulis menulis, terutama percetakan buku. Ditambah lagi, masyarakat banyak yang beralih ke smartphone dalam dua tahun terakhir.

Salah satu penyedia layanan telekomunikasi milik BUMN, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), akhirnya melihat peluang tersebut dengan merilis "QBaca" (baca: Kubaca). Sebuah aplikasi yang memberikan layanan buku digital. Sebuah aplikasi yang menggabungkan antara edukasi dan entertainment (hiburan).

Aplikasi ini terdiri dari buku edukasi (pelajaran) dan buku populer (novel) dari dalam negeri. QBaca yang baru diluncurkan pada 9 November lalu telah menyediakan sekitar 500 judul buku.

"Kami tergerak membangun ekosistem, salah satunya kami membuat ekosistem edukasi. Di dalamnya ada penerbit, penulis, dan pembaca, ketiga ini harus dibangun. Kami telah bekerjasama dengan tiga penerbit, Mizan, Grafindo, dan Buku Sekolah Elektronik atau BSE." ujar Achmad Sugiarto, Executive General Manager Divisi Multimedia Telkom, Senin (19/11/2012), dalam acara 32rd Indonesia Book Fair, di Jakarta..

"Kami lagi memperkaya konten dulu dan akan memajukan buku dalam negeri, penerbit luar tidak ada," tutupnya.

Hingga akhir tahun, QBaca berencana menambah dua penerbit buku untuk begabung, serta menargetkan satu juta buku sampai tahun depan, dan memerluas jangkauan bagi pengguna platform selain Android.

Pengguna QBaca dapat mengunduh buku secara gratis melalui platform Android. Tetapi ada beberapa buku yang berbayar, tergantung kesepatakan penerbit. Sedangkan pembayarannya bisa menggunakan kartu debit maupun debit.

Sumber : Tribunnews.com