Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Pulau Sandy, Pulau Palsu dalam Google Maps

Sebuah pulau di Pasifik Selatan yang selalu ditemukan dalam peta-peta dunia, lautan, dan bahkan Google Maps ternyata tidak ada di dunia nyata, demikian klaim para ilmuwan Australia. Pulau Sandy, demikian pulau itu disebut di Google Maps, terletak di antara Australia dengan Kaledonia Baru, kepulauan yang diperintah Prancis.

Menurut para ilmuwan dari University of Sydney yang melakukan ekspedisi ke tempat seharusnya pulau itu berada, mereka tidak menemukan apa-apa. Padahal pulau itu selalu ada dalam semua peta, setidaknya dalam satu dekade terakhir.

"Kami ingin memastikannya karena grafik navigasi di dalam kapal menunjukan kedalaman air di lokasi itu mencapai 1.400 meter, itu sangat dalam," kata Maria Seton, salah satu peneliti yang berada di dalam kapal ekspedisi itu.

"Pulau itu selalu terlihat di Google Earth dan peta-peta lainnya, jadi kami pergi mengeceknya dan tidak ada pulau apa pun di sana," sambung dia.

"Kami sangat bingung. Itu sangat aneh. Lalu bagaimana pulau itu bisa berada dalam peta? Kami tidak tahu, kami hanya berencana mengikuti peta dan menemukannya," beber Seton lebih lanjut.

Sementara itu juru bicara Google Maps berkilah soal kesalahan itu dengan mengatakan bahwa mereka sudah berkonsultasi dengan sejumlah sumber yang otoritatif sebelum membuat layanan peta digital tersebut.

"Dunia selalu berubah dan untuk selalu mengikuti perubahan-perubahan itu adalah usaha yang tidak pernah berakhir," kata juru bicara Google.

Posting Komentar untuk "Pulau Sandy, Pulau Palsu dalam Google Maps"