Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Miliuner George Soros beli saham Manchester United

Pemodal dan miliuner George Soros mulai melakukan penanaman modal di cabang olahraga. Ia turut membeli saham Manchester United, demikian sumber data yang dikeluarkan oleh badan regulator perdagangan saham Amerika.

Menurut Securities and Exchange Commission, badan investasi milik Soros membeli sekitar 3,1 juta saham kelas A Manchester United atau sekitar 7,85% saham dari keseluruhan saham kelas A dan 1,9 % dari keseluruhan saham klub.

Soros membelanjakan US$40,7 juta untuk membeli saham tersebut. Kelas A mempunyai kekuatan satu suara per sahamnya, jauh lebih kuat dari kelas B yang hanya memiliki satu suara untuk setiap 10 saham.
Dengan asset sekitar US$25 milliar, Soros menjadi salah satu pemain terbesar dan paling dipantau gerakannya di dunia investasi.

Bayar utang
Pemilik Manchester United, keluarga Glazer, meluncurkan saham klub Inggris tersebut awal bulan ini di pasar saham New York. Keluarga Glazer yang juga memiliki klub sepakbola Amerika Tampa Bay Buccaneers menguasai Manchester United sejak 2005.

Walau nilai saham tak sesuai dengan harapan awal, namun nilai klub masih sangat tinggi sekitar US$2,3 milliar dan menjadikan Manchester United sebagai salah satu klub olahraga terbesar di dunia.
Sekitar separuh dari US$233 juta yang diraup dari penjualan saham itu akan digunakan untuk membayar utang klub dan sisanya masuk kantong keluarga Glazer.

Saham Manchester United diperjualbelikan di seputar harga US$13 saat pasar ditutup Senin (20/8) di Amerika.

Sumber: BBC Indonesia