Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Daftar Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes 2012

Hartono bersaudara
Majalah Forbes edisi akhir tahun 2012 kembali merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia. Kekayaan 40 orang 'super tajir' itu mencapai US$88,6 miliar, atau naik 4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Batas bawah nilai kekayaan tahun ini berada di level US$730 juta, atau meningkat US$100 juta dibandingkan tahun lalu.

Berikut Daftar 5 besar teratas orang terkaya Indonesia versi Forbes.
  1. Kakak beradik, Budi Hartono dan Michael Hartono dengan kekayaan senilai US$15 miliar. Kekayaan keduanya meningkat US$1 miliar yang sebagian dikontribusi atas kepemilikan sahamnya di PT Sarana Menara Nusantara Tbk, perusahaan infrastruktur di bidang menara telekomunikasi. Kotribusi Hartono bersaudara yang tak kalah pentingnya di Bank Central Asia (BCA). Tak ketinggalan, keluarga ini juga memiliki perusahaan rokok Djarum, perkebunan kelapa sawit, dan pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, Grand Indonesia (GI).
  2. Eka Tjipta Widjaja dengan kekayaan US$7,7 miliar, turun US$300 juta dari tahun sebelumnya. Keluarga Eka Tjipta memiliki Golden Agri- Resources yang merupakan perusahaan sawit terbesar kedua di dunia.
  3. Susilo Wonowidjojo. Bos Gudang Garam ini tercatat sebagai konglomerat yang mengalami penurunan kekayaan terbesar tahun ini. Nilai kekayaan Susilo turun US$3,1 miliar menjadi US$7,4 miliar seiring turunnya harga saham produsen rokok PT Gudang Garam yang dimiliki Susilo Wonowidjojo dan keluarga. Saham Gudang Garam anjlok hampir 25 persen akibat penurunan laba bersih sebesar 22 persen pada kuartal I-2012. Meski rokok kretek sangat populer di Indonesia, penurunan kinerja Gudang Garam juga tak lepas dari kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang memberlakukan larangan jenis rokok ini karena kekhawatiran pemberian perisa pada rokok merangsang orang, terutama anak-anak untuk merokok.
  4. Anthoni Salim. Dia memiliki perusahaan di berbagai sektor seperti semen, ritel, dan telekomunikasi. Kekayaan bos Indofood dan Indocement ini melonjak US$1,6 miliar menjadi US$5,2 miliar.
  5. Chairul Tanjung. Kekayaan meningkat US$1,3 miliar menjadi US$3,4 miliar berkat perkembangan pesat Trans Corp Media. CT Corp milik Chairul Tanjung juga memiliki saham di Bank Mega, taman rekreasi dan mengoperasikan waralaba Armani dan Jimmy Choo.
Justin Doebele, Penasihat Redaksi Forbes Indonesia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil tahun ini berkontribusi dalam peningkatan kekayaan para konglomerat. "Ini sangat berpengaruh pada mereka yang memiliki fokus bisnis di barang konsumer dan jasa,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/11).

Berikut daftar 10 konglomerat Indonesia teratas:
  1. R. Budi dan Michael Hartono; US$15 miliar.
  2. Eka Tjipta Widjaja; US$7,7 miliar.
  3. Susilo Wonowidjojo; US$$7,4 miliar
  4. Anhoni Salim; US$5,2 miliar
  5. Chairul Tanjung; US$3,4 miliar
  6. Sri Prakash Lohia; US$3 miliar
  7. Sukanto Tanoto; US$2,8 miliar
  8. Peter Sondakh; US$$2,6 miliar
  9. Boenjamin Setiawan; US$2,35 miliar
  10. Putera Sampoerna; US$2,3 miliar
 Sumber : Okezone.com