Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Alternatif Pembersih Organ Intim Wanita (Vagina)

Kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan, memang harus diperhatikan dengan baik. Jika tidak, selain dapat menimbulkan rasa gatal, Anda juga bisa terserang radang vagina atau vaginitis. Cara membilas atau membersihkan vagina yang salah bisa juga menyebabkan vaginistis.
Sekarang ini banyak dijual produk-produk pembersih vagina. Orang pun berpikir bahwa dengan sesering mungkin menggunakan sabun pembersih vagina, diharapkan dapat mencegah terjadinya infeksi ini.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kita malah harus berhati-hati memakai sabun pembilas vagina. Sebab, pembasuh vagina ternyata dapat mengubah keseimbangan zat-zat kimia yang ada di vagina, dan membuat pemakainya rentan terhadap infeksi.
Bagi wanita yang ingin hamil, pembersih vagina dapat mengurangi kemungkinan untuk hamil hingga 30 persen. Penggunaan pembasuh vagina yang berlebih juga menimbulkan risiko lebih besar mengalami iritasi dan radang vagina, serta penyakit menular seksual.
Untuk mengatasi rasa gatal pada vagina, cobalah ramuan daun sirih untuk mencuci vagina. Didihkan 5 gelas air, masukkan 10 lembar daun sirih, kemudian matikan apinya. Biarkan sampai menjadi agak dingin (hangat-hangat kuku). Lalu, gunakanlah sebagai air cebokan (basuhan). Lakukan2 kali sehari sampai sembuh.
Sedang untuk ramuan minumnya, bisa menggunakan campuran 1 jari lempuyang, 1 jari temu kunci, serta 3 lembar daun sirih. Giling semua bahan, kemudian masukkan ke dalam setengah gelas air panas, lalu aduk. Dapat juga ditambahkan sedikit air kapur. Minum 1 kali sehari. Jika sudah agak sembuh, dapat diminum seminggu sekali sampai sembuh. (Diasuh Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt. MS.)
Sumber : Nyata.co.id