Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Pondok Pesantren Hidayatullah

Panorama Pesantren Hidayatullah di kampus Gunung Tembak, Balikpapan
Pesantren Hidayatullah adalah jaringan pesantren milik organisasi massa (ormas) Islam Hidayatullah, didirikan di Balikpapan pada tanggal 7 Januari 1973/2 Dzulhijjah 1392 H.
Pesantren Hidayatullah seperti halnya pesantren di tempat lain, berfungsi sebagai tempat untuk mendalami ilmu-ilmu agama (dinniyah). Pesantren dengan luasan kampus yang dimiliki juga berfungsi sebagai miniatur atau percontohan bagi kehidupan berimamah dan berjamaah dalam Islam. Selain dihuni santri yang tinggal di asrama, di pesantren juga tinggal guru, pengasuh, pengelola dan jamaah Hidayatullah yang berkeinginan tinggal di dalam Pesantren dalam rangka belajar hidup berimamah dan berjamaah.
Dengan segala keterbatasan namun dengan penuh kesungguhan, syariat coba ditegakkan. Kepemimpinan dipatuhi, kewajiban salat berjamaah, puasa dan zakat dilaksanakan, infak dan shadaqah digalakkan.
Salah satu kelebihan Pesantren Hidayatullah adalah memiliki majalah dakwah bulanan bernama Majalah Hidayatullah yang tersebar ke seluruh Indonesia melalui jaringan pesantren ini.
Referensi : id.wikipedia.org