Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Sikat Gigi untuk Perbaiki Stasiun Ruang Angkasa

Astronot yang berada di stasiun ruang angkasa ISS memakai sikat gigi untuk memperbaiki stasiun ruang angkasa internatsional itu.

Astronot Sunita Williams dan Akihido Hoshide melakukan pembersihan baut sebuah unit listrik yang diberi nama  MBSU. Penggantian harus dilakukan karena MBSU tersebut mati padahal mesin itu digunakan untuk memasok listrik. Saat itu mereka harus berjuang di ketinggian tanpa gravitasi yang mengerikan selama delapan jam berusaha menyambung komponen-komponen di stasiun yang harganya seribu triliun rupiah itu.

Gagasan menggunakan sikat gigi tiba-tiba muncul setelah 10 jam mereka gagal untuk mengganti MBSU tersebut.

Mereka menancapkan sikat gigi seharga tiga dolar (Rp 30.000) itu di pegangan untuk memudahkan jangkauan ke dalam baut yang kotor. Setelah empat jam menggosok akhirnya baut itu bersih dan MBSU bisa diganti.

"Kalian seperti baru saja memperbaiki sebuah stasiun ruang angkasa," puji astronot Jack Fischer lewat radio dari pusat pengendalian NASA Johnson Space Center di Houston, Texas, Amerika Serikat. Saat ini ada enam astronot menghuni stasiun luar angkasa internasional yaitu dua kosmonot NASA, tiga dari Rusia dan satu asal Jepang.

Akses Surabaya.Tribunnews.com