Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Cara Merubah Title Blogspot Yang SEO Friendly = Traffic Meningkat

SEO atau Search Engine Optimizer atau Search Engine Optimizing dapat berarti membuat konten (materi) dari portal, website, blog dikenali dan didata (diindeks) oleh search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Lycos dan search engine lainnya secara lebih optimal. Harapannya ketika orang atau user mencari sesuatu di internet melalui search engine dengan kata kunci (keyword) tertentu maka konten yang kita miliki dalam portal, website, atau blog dapat muncul dalam hasil pencarian.

SEO sendiri akan dianggap berhasil, jika posisi konten kita dalam halaman hasil pencarian berada pada urutan halaman pertama. Tapi tentu saja apa yang dicari oleh orang tersebut sesuai dengan konten yang kita miliki. Jadi tujuan akhir dari SEO ini adalah mendatangkan traffic (kunjungan) yang lebih banyak melalui search engine.

Dari pengertian sederhana di atas, kita membutuhkan trik-trik SEO. Tutorial kali ini adalah trik sederhana untuk para pemula yang baru belajar ngeblog atau ingin belajar bikin blog dengan Blogspot. Trik berikut berkaitan dengan title tulisan / artikel dalam Blogspot dengan template / themes standar. Secara default (standar), title pada Blogspot adalah Judul (Nama) Blog itu sendiri (saat kita membuka Home), sedangkan saat membuka salah satu artikel maka title yang muncul adalah Nama Blog dilanjutkan dengan Judul Artikel.


Untuk format Title standar seperti di atas, bagi search engine kurang optimal, karena seluruh konten kita akan diawali oleh judul blog yang sama (jika judul blog kita panjang). Berbeda hasilnya jika Title diawali oleh Judul Artikel kemudian diikuti judul (nama) Blog, dengan demikian konten yang didata (diindeks) oleh search engine lebih bervariasi dan kemungkinan muncul dalam hasil pencarian halaman depan lebih besar.

Untuk merubah format Title di atas sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :
1. Masuk ke panel admin, kemudian masuk ke menu Edit HTML.


2. Cari script title seperti dibawah ini (pada template Blogspot standar).

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:skin><![CDATA[/*  
3. Ganti script yang diberi tanda merah (teks warna biru) dengan script baru di bawah ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == &amp;quot;index&amp;quot;'>  
<title><data:blog.title/></title>  
<b:else/>  
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>  
</b:if>  
<b:skin><![CDATA[  
4. Simpan template tersebut.

Untuk uji coba, silahkan buka salah satu artikel dalam blog anda kemudian perhatikan Title-nya, jika berhasil, maka format penulisan sudah berubah menjadi judul posting / tulisan berada di depan diikuti judul blog.


Demikianlah tutorial tentang format penulisan Title yang dianggap mampu mengoptimalkan SEO. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber : maskolis.com

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Title Blogspot Yang SEO Friendly = Traffic Meningkat"