Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

11 Juta Password Dibobol dari Situs Game Jerman

Keamanan data pribadi ketika berselancar di internet adalah kekhawatiran utama semua orang. Apalagi bila sampai data tersebut dibobol dan diperlihatkan secara umum di dunia maya.

Pembobolan seperti itu terjadi pada website gaming Gamigo, situs yang menjalankan beberapa game online di Jerman, seperti Last Chaos, Fiesta Online, Cultures Online, UFO Online, Jagged Alliance Online, Grimlands, dan Otherland.

Jumlah yang berhasil dibobol hacker tersebut tidak main-main. Sebanyak 11 juta password dan lebih dari 8 juta alamat email dipublikasikan di forum Inside Pro. Walaupun bentuk data yang diperlihatkan masih berupa hash code, tetapi data tersebut dapat dengan mudah dibaca oleh hacker yang ingin memanfaatkan informasi tersebut.

Peristiwa kebobolan tersebut sebenarnya sudah cukup lama terjadi, yaitu sekitar Maret 2012. Anehnya, hacker tersebut tidak langsung mempublikasikan data yang didapatkannya, yaitu file berukuran sekitar 500 MB.

Gamigo langsung memberikan peringatan kepada penggunanya untuk segera mengganti password. Lambatnya tindakan hacker untuk mempublikasikan data tersebut membuat pengguna Gamigo terhindar dari kerugian materil.

Menurut Steve Thomas, pendiri dari PwnedList, data tersebut merupakan pembobolan terbesar yang pernah dilihatnya. Beberapa alamat email yang disertakan di dalamnya bahkan mencakup IBM, Allianz, Siemens, Deutsche Bank, dan ExxonMobil.  

[Sumber: KOMPAS.com]