Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Cara Membuat Widget Daftar Isi / Daftar Menu Blog Otomatis

Daftar isi / daftar menu blog yang biasanya ditempatkan pada sidebar blog ini juga biasa disebut dengan table of content atau Blog Content. Cara membuat table of content ini sedikit berbeda dengan daftar isi blog otomatis pada posting sebelumnya. 

Pada widget daftar isi otomatis ini mempunyai beberapa keunggulan. diantaranya :
1. Sudah dilengkapi fungsi scroll.
2. Pengunjung blog dapat mempercepat pencarian artikel dengan menggunakan opsi pilihan label, title, tanggal posting serta dapat menampilkan seluruh isi blog jika kita memilih opsi “All label”.

Berikut tutorialnya :
Pada script daftar isi / daftar menu blog ini, mampu menampilkan menu sesuai keinginan. Jika blog anda sudah memiliki lebih dari 500 halaman posting, tinggal diganti saja angka 500 dengan angka 1000. Dan satu lagi kelebihannya, jika anda mengklik icon panah hitam yang ada didepan judul posting, maka akan memunculkan ringkasan artikel tersebut sepanjang 250 kata. Klik kembali icon panah tersebut untuk menyembunyikan ringkasan.


Cara Membuat Daftar Menu/Isi Di Sidebar Blog :
1. Login ke dashboard blogger anda.
2. Pilih Rancangan > Elemen Laman > Add gadget (HTML/JavaScript).
3. Copy script dibawah ini dan paste pada gadget.

<div style="background:#FFFFFF; no-repeat scroll 0 0; border:2px solid #FFFFFF; height:300px; overflow:auto; padding:10px; width:250px;">
<div id="cl_option">
Loading... </div>
<div id="cl_content_list">
</div>
<script type="text/javascript">
var jumlah_kata_dalam_ringkasan = 250;
</script>
<script src="http://raihanun.googlecode.com/files/DaftarMenuOtomatis.js">
</script>
<script src="http://okepos.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&amp;callback=onLoadFeed&amp;max-results=500">
</script></div>

4. Silahkan edit teks warna merah sesuai keinginan. Lebar (width) dan tinggi (height) pada script ini sesuaikan dengan lebar sidebar blog anda. Dan ganti juga nama blognya dengan nama blog anda.
5. Save / Simpan.
 Good Luck

2 komentar untuk "Cara Membuat Widget Daftar Isi / Daftar Menu Blog Otomatis"